KILASBERITANUSANTARA.COM, BANDUNG – Menjelang hitungan hari Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2019, yang mana dunia pendidikan di Propinsi Jawa Barat akan dilaksanakan pada bulan Mei 2019. Menurut jadwal yang ada di Disdik Propinsi Jawa Barat dalam situs disdik.jabarprov.go.id, Pendaftaran PPDB tahun 2019 dibuka pada tanggal 20-24 Mei 2019.

Berikut kronologis agenda kegiatan selama periode PPDB ; Pertama adalah pertanggal 13 – 17 Mei 2019, satuan pendidikan telah melaporkan daya tampung sekolah. Setelah itu dibuka pendafaran PPDB. Kemudian tahap verifikasi serta uji kompetensi dilaksanakan pada 27 – 29 Mei, dan pengumuman dilakukan pada 31 Mei 2019.

Selanjutnya siswa harus melakukan daftar ulang pada 17-18 Juni 2019. Setelahnya, peserta didik baru melaksanakan kegiatan Masa Pengenalasan Lingkungan Sekolah (MPLS) pada 16-18 Juli 2019.

“Jadwal telah dikaji dan disesuaikan juga dengan libur nasional seperti Hari Raya Idul Fitri dan lainnya, agar selaras,” tutur Dian Peniasiani selaku sekretaris panitia PPDB.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Dewi Sartika, mengatakan, aturan dan juknis tersebut masih mengacu pada Permendikbud No 51 tahun 2018. Sedangkan untuk juknis PPDB masih dalam pematangan dan dilaksanakan uji publik sebelum terbitnya Peraturan Gubernur (Pergub) dan Keputusan Gubernur (Kepgub).

“Untuk sistem kami masih tetap mengacu pada surat edaran menteri, PPDB 2019 menerapkan sistem zonasi, 90 persen zonasi, 5 persen prestasi, dan 5 persen perpindahan,” ujar Dewi Sartika.

Dalam kesempatan Apel Pagi di Halaman Kantor Disdik Jabar, Jln. Rajiman No. 6, Kota Bandung, Senin 29 April 2019. Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik), Firman Adam mendorong seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Disdik Jabar untuk ikut mensosialisasikan program tahunan tersebut.

“Semuanya harus berkontribusi dalam proses sosialisasi PPDB tahun ini, baik Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun Non-PNS Disdik Jabar,” ucap Fiman.

Masih lanjut Firman , minimal para ASN mampu menjelaskan peraturan dasar mengenai PPDB tahun ini, seperti persyaratan, jalur masuk, dan waktu pelaksanaan. “Untuk penyusunan petunjuk teknis (juknis) mengenai PPDB 2019 masih dalam proses pengesahan Gubernur yang nantinya berbentuk Peraturan Gubernur (Pergub) dan Keputusan Gubernur (Kepgub),” imbuhnya.

Lebih jauh, Firman mengimbau agar orang tua peserta didik baru dijadikan objek utama dalam proses sosialiasi. “Jika orang tua sudah mengerti seluruh peraturan PPDB, maka akan meminimalisasi pengaduan. “Biasanya, pengaduan terjadi karena belum ada pemahaman yang menyeluruh. Jadi, kita harus tekankan sosialiasi kepada mereka,” tambahnya.

Disdik Jabar, berkomitmen memberikan pelayanan terbaik pada PPDB tahun ini. Salah satunya, dibentuknya tim pengaduan PPDB yang bertugas menangani jika terjadi kendala, tukasnya.

Sumber : disdikprovjabar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here